Sepakbola Dunia Berduka dengan Meninggalnya Coutinho

Sepakbola Dunia Berduka dengan Meninggalnya Coutinho

Berita duka hadir dari sepakbola Brasil yang kehilangan seorang legenda terbaiknya, Antônio Wilson Vieira Honório. Laki-laki yang lebih akrab disapa Coutinho itu meninggal di usia 75 tahun.

Sejauh ini, tak jua ada kepastian faktor meninggalnya Juara Dunia 1962 itu. Namun, ESPN memberitahukan, yang bersangkutan sempat dibawa menuju rumah sakit karena pneumonia pada Januari yang lalu. Lebih lanjut, Coutinho jua diketahui memiliki riwayat sakit diabetes.

Kabar itu pun membikin sedih eks kapten tim nasional Brasil, Cafu, yang mengungkapkannya di Twitter. “Salah satu legenda telah pergi, doaku guna keluarganya, ” kata Cafu.

Legenda sepakbola Brasil lainnya, Pele, malahan pernah melabelinya sebagai kawan setim paling disayangi. Apabila Pele cemerlang di usia 17 tahun di Piala Jagat 1958, Coutinho sudah berbuat debut bareng Santos saat menginjak 14 tahun.

Keduanya sama-sama memperkuat Santos di dalam kurun waktu 1958 hingga 1967. Cedera yang kerap kambuh menghampiri membut Coutinho tak memiliki beberapa kesempatan memperkuat tim nasional Brasil. Meski begitu, ia masih jadi tulang punggung di tingkat klub bersama mencetak 368 gol guna Santos. Total tersebut membuatnya jadi top skorer ketiga selama sejarah buat Santos.

Pucuk kariernya pastinya ia lewati pada 1962 ketika sukses membawa tanah airnya menjadi juara dunia di Swedia. Pada tahun yang sama, dia juga mencatat diri menjadi pencetak goal terbanyak pada ajang Copa Libertadores bersama enam goal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top